Submission Preparation Checklist
As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.- The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
- The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
- Where available, URLs for the references have been provided.
- The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
- The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.
Author Guidelines
1. Manuscript Structure:
Title:
THE TITLE SHOULD BE BRIEF, CLEAR, AND REFLECT THE CONTENT OF THE MANUSCRIPT
(Title given is in English. The title must be brief, clear, and reflect the contents of the manuscript) (12 pt Bold Capital)
Author's Name:
Author's name without the title
Example: Author's name, Author's name, and Author's name (12 pt Bold)
Affiliation:
Faculty, University, City, and Country.
Email:
Write down email authors
Email: e-mail@e-mail.com, e-mail@e-mail.com dan e-mail@e-mail.com
Abstract:
Abstrak dibuat dalam dua bahasa, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Abstrak memuat secara singkat tentang latar belakang, tujuan, metode, hasil peneliian, dan kesimpulan penelitian. Abstrak berisi maksimum 250 kata, spasi tunggal ditulis dengan huruf miring (Italic) untuk abstrak Bahasa Inggris. Di bawah abstrak dicantumkan kata kunci yang terdiri atas maksimum enam kata minimal 3 kata, dimana kata pertama adalah yang terpenting. Abstrak dalam bahasa Indonesia merupakan terjemahan dari bahasa Inggris. Editor berhak untuk mengedit abstrak demi alasan kejelasan isi abstrak.
Kata kunci:
Minimal 3 kata dan maksimal 6 kata, (kata pertama; kata ke dua; kata ketiga)
Pendahuluan:
Pendahuluan harus berisi (secara berurutan) latar belakang umum, kajian literatur terdahulu (state of the art) sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, pernyataan kebaruan ilmiah, dan permasalahan penelitian atau hipotesis. Di bagian akhir pendahuluan harus dituliskan tujuan kajian artikel tersebut. Di dalam format artikel ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu (state of the art) kemudian diikuti dengan pernyataan kebaruan ilmiah artikel tersebut.
Kutipan harus ditulis dengan menggunakan format bodynote seperti (Uwuigbe & Ajibolade, 2013), (Wang, 2016), (Muttakin et al., 2015) dan relevan dengan daftar Pustaka/ Bibliografi (disarankan menggunakan Aplikasi Mendeley).
Metode Penelitian:
Metode penelitian yang digunakan dalam pemecahan permasalahan termasuk metode analisis. Keterangan gambar diletakkan menjadi bagian dari judul gambar (figure caption) bukan menjadi bagian dari gambar. Metode-metode yang digunakan dalam penyelesaian penelitian dituliskan di bagian ini.
Pada Metode Penelitian, Alat-alat kecil dan bukan utama (sudah umum berada di lab, seperti: gunting, gelas ukur, pensil) tidak perlu dituliskan, tetapi cukup tuliskan rangkaian peralatan utama saja, atau alat-alat utama yang digunakan untuk analisis dan/atau karakterisasi, bahkan perlu sampai ke tipe dan akurasi; Tuliskan secara lengkap lokasi penelitian, jumlah responden, cara mengolah hasil pengamatan atau wawancara atau kuesioner, cara mengukur tolok ukur kinerja; metode yang sudah umum tidak perlu dituliskan secara detil, tetapi cukup merujuk ke buku acuan. Prosedur percobaan harus dituliskan dalam bentuk kalimat berita, bukan kalimat perintah.
Hasil dan Pembahasan:
Hasil dan pembahasan berisi hasil-hasil temuan penelitian dan pembahasannya secara ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah (scientific finding) yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan tetapi harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Temuan ilmiah yang dimaksud di sini adalah bukan data-data hasil penelitian yang diperoleh. Temuan-temuan ilmiah tersebut harus dijelaskan secara saintifik meliputi: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh? Mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa trend variabel seperti itu? Semua pertanyaan tersebut harus dijelaskan secara saintifik, tidak hanya deskriptif, bila perlu ditunjang oleh fenomena-fenomena dasar ilmiah yang memadai. Selain itu, harus dijelaskan juga perbandingannya dengan hasil-hasil para peneliti lain yang hampir sama topiknya. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab hipotesis penelitian di bagian pendahuluan.
Naskah manuskrip dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan jumlah halaman maksimum 20 halaman termasuk gambar dan tabel. Naskah manuskrip harus ditulis sesuai template artikel ini dalam bentuk siap cetak (Camera ready). Artikel harus ditulis dengan ukuran bidang tulisan A4 (210 x 297 mm) dan dengan format margin kiri 3 cm, margin kanan 3 cm, margin bawah 3 cm, dan margin atas 3 cm. Naskah harus ditulis dengan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran font 12 pt berjarak satu spasi, dan dalam format satu kolom (kecuali bagian judul artikel, nama penulis, dan abstrak). Jarak antar kolom adalah sejauh 1 cm.
Kata-kata atau istilah asing digunakan huruf miring (Italic). Sebaiknya hindari penggunaan istilah asing untuk artikel berbahasa Indonesia. Paragraf baru dimulai 1.15 cm dari batas kiri, sedangkan antar paragraf tidak diberi spasi antara.
Tabel dan Gambar diletakkan di dalam kelompok teks sesudah tabel atau gambar tersebut dirujuk. Setiap gambar harus diberi judul gambar (Figure Caption) di sebelah bawah gambar tersebut dan bernomor urut angka diikuti dengan judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul tabel (Table Caption) dan bernomor urut angka di sebelah atas tabel tersebut diikuti dengan judul tabel. Gambar-gambar harus dijamin dapat tercetak dengan jelas (ukuran font, resolusi dan ukuran garis harus yakin tercetak jelas). Gambar dan tabel dan diagram/skema sebaiknya diletakkan sesuai kolom diantara kelompok teks atau jika terlalu besar diletakkan di bagian tengah halaman. Tabel tidak boleh mengandung garis-garis vertikal, sedangkan garis-garis horisontal diperbolehkan tetapi hanya yang penting-penting saja.
Penggunaan tabel dan gambar harus disebutkan di dalam teks dengan menyebutkan tabel 1; gambar 1 dan seterusnya.
Tabel 1 Tuliskan deskripsi tabel
Ket. |
Ket. |
Ket. |
Entry 1 |
Data |
Data |
Entry 2 |
Data |
Data |
Gambar 1 Tuliskan deskripsi gambar
Apabila menggunakan format matematis dapat dituliskan seperti di bawah ini:
n = a+b
Keterangan dari rumus tersebut dapat dituliskan disini
Penjelasan dari rumus matematis tersebut dapat dituliskan di sini.
Contoh pengutipan secara langsung sebagai berikut:
Isi kutipan secara langsung. Quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote. quote The text continues here. Proofs must be formatted as follows: quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote quote ,
Penjelasan kutipan tersebut bisa di tulis di sini.
Kesimpulan:
Kesimpulan menggambarkan jawaban dari hipotesis dan/atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Kesimpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan atau hipotesis. Bila perlu, di bagian akhir kesimpulan dapat juga dituliskan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut.
Bibliografi:
Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian bibliografi. Bibliografi harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah dan berjumlah minimum 80% dari keseluruhan bibliografi) diterbitkan 5 (lima) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 15 (sepuluh) bibliografi acuan. Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan bibliografi sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, Reference Manager atau Zotero. Penulisan referensi menggunakan model sistem dari APA (American Psychological Association), edisi ke-6.).
Submission Guidline
- Silahkan masukkan link jurnal berikut ini http://whj.umi.ac.id/index.php/whj
- Sebagai author (penulis), apabila akan submit artikel anda diwajibkan untuk memiliki akun, jika belum maka Anda diharuskan registrasi dulu di jurnal yang dituju. Silahkan klik tombol Register (bagi yang belum pernah daftar) atau Login (bagi yang sudah pernah memiliki akun).
- klik register untuk membuat akun baru, berikut ini tampilan menu register, informasi yang dibutuhkan untuk registrasi (profile dan login). * merupakan bagian yang wajib diisi.
- First Name (Nama Depan)
- Midlle Name (Nama Tengah) - tidak wajib
- Last Name (Nama Belakang)
- Affiliation (nama Institusi asal – Kampus, Rumah Sakit, Pusat Penelitian, dll)
- Country (Asal Negara)
- Email (email penulis pertama)
- Username (Nama yang akan dipakai di jurnal)
- Password (Isikan dengan password, usahakan bukan password Email) - Minimal 6 karakter.
- Repeat Password (ulangi password yang telah Anda masukkan sebelumnya)
- Beri tanda checklist (√) pada semua kota agreement
- Setelah semua form terisi, klik Register.
Jika nama penulis hanya terdiri atas satu kata maka silahkan inputkan Nama depan dan nama belakang sama.
- Jika registrasi berhasil maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.
- Klik menu make a new submission, kemudian akan tampil jendela untuk mengupload article baru.
- Pada menu Submit an Article “Start” beri tanda checklist pada semua kotak Submission Requirements. Klik kotak Yes, jika Anda setuju dengan statement yang Anda berikan. Setelah selesai, klik Save and Continue.
- Pada Sub menu “upload Submission”, Masukkan komponen artikel yang akan Anda upload (Article Text, Research Instrument, dll). Kemudian klik continue
- Pada Sub menu “Enter Metadata” Masukkan informasi tambahan
- Pada Sub menu “Confirmation” klik finish submission
- Pada Sub menu “Next Steps”
- Submission Selesai
- Pada menu Submit an Article “Start” beri tanda checklist pada semua kotak Submission Requirements. Klik kotak Yes, jika Anda setuju dengan statement yang Anda berikan. Setelah selesai, klik Save and Continue.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.