Kepuasan Pasien di Klinik Anak dan Klinik Kandungan Terhadap Pelayanan Poliklinik pada RSUD Kota Sorong Tahun 2022
Abstract
Latar Belakang: Kepuasan pasien adalah hasil dan harapan yang di dapatkan dari pengalaman pasien setelah menerima pelayanan kesehatan pada rumah sakit maupun pada puskesmas setempat. Tujuan penelitin ini untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan rawat jalan pada RSUD Sele Be Solu Kota Sorong. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dan desain penelitian Study Cross-sectional (Potong-lintang), penelitian ini menggunakan data primer dari kuesioner kenyataan dan harapan yang akan di isi oleh responden. Penelitian ini akan dilakukan di Klinik Anak dan Kandungan pada RSUD Sele Be Solu Kota Sorong mulai dari bulan maret-april 2022. Penelitian ini menggunakan rumus besar sampel untuk Data Proporsi Desain Study Cross Sectional (Potong-Lintang) jumlah sampel sebanyak 38 untuk masing-masing klinik dan pengambilan sampel menggunakan metode Purposive Sampling. Hasil: Hasil perhitungan di klinik anak mendapatkan hasil 84% yang artinya kualitas pelayanan sudah memadai dan sudah sesuai harapan pasien sehingga memberikan kepuasan bagi pasien dan untuk Hasil perhitungan di klinik kandungan mendapatkan hasil 81% yang artinya kualitas pelayanan sudah memadai dan sudah sesuai harapan pasien sehingga memberikan kepuasan bagi pasien. Kesimpulan: Berdasarkan analisis menggunakan metode Importance-Performance Analysis kualitas pelayanan rawat jalan yang ada pada variabel pertanyaan sudah memberikan kepuasan bagi pasien di klinik anak dan klinik kandungan pada RSUD Sele Be Solu Kota Sorong.